Snow Ball Throwing
Sediakan bola sejumlah siswa dan didalam bola telah diisi pertanyaan/ tugas yang akan dikerjakan.
§Pertanyaan/ tugas di dalam bola berpasangan atau ada yang sama.
§Lemparkan bola tersebut hingga semua siswa mendapatkannya.
§Siswa mengerjakan tugas/ menjawab pertanyaan yang ada di dalam bola.
§Kemudian siswa mencari pasangan soal/ tugas yang sama untuk mencocokkan jawabannya.
§Guru menyimpulkan materi dari masing kelompok kecil dari mereka yang mendapat soal/ tugas yang sama
EXAMPLES NON EXAMPLES
§Membentuk kelompok 2 hingga 3 orang siswa.
§Guru menyiapkan gambar di papan tulis atau menggunakan slide/ projector/ OHP.
§Berikan petunjuk sesuai dengan materi.
§Setiap kelompok memperhatikan/ menganalisa gambar dengan cara diskusi (dapat dituliskan pada kertas).
§Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya.
§Guru memberikan komentar terhadap hasil diskusi siswa.
§Menyimpulkan.
DUA TINGGAL DUA TAMU
(TWO STAY TWO STRAY/ berkeliling)
(TWO STAY TWO STRAY/ berkeliling)
§Guru menyiapkan sejumlah pertanyaan/ tugas untuk dibagikan pada kelompok.
§Setiap kelompok terdiri dari 3 orang mengerjakan tugas/ pertanyaan tersebut.
§Setelah selesai, satu orang berkeliling/ bertamu ke kelompok lain untuk menerima hasil/ informasi.
§Dua orang bertugas membagikan hasil kerja mereka.
§Tamu kembali ke kelompoknya dan melaporkan hasil temuannya.
§Setiap kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.
§Menyimpulkan.
Cooperative Script
§Membentuk kelompok siswa (2 orang).
§Membagikan wacana/ materi ke setiap siswa untuk dibaca dan dibuat ringkasannya.
§Pembicara membacakan ringkasannya dengan ide-ide pokok selengkap mungkin.
§Menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
§Pendengar menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat/ menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lain.
§Tukar peran siswa/ bergantian sebagai pembicara.
§Kesimpulan.
Prestasi).. Slavin 1995
STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT-
DIVISION (Tim Siswa Kelompok
Prestasi).. Slavin 1995
§Bentuk kelompok secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
§Menyajikan pelajaran.
§Berikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan.
§Anggota kelompok dapat menjelaskan tugas/ hasil kerjaannya kepada anggota lain, sehingga setiap anggota dalam kelompok itu mengerti.
§Kemudian guru memberi pertanyaan/ kuis dan pada saat menjawab, siswa tidak boleh saling membantu.
§Menyimpulkan
JIGSAW ..Aronson, Blaney, Stephen, Sikes,
Snapp, 1978
•Siswa dikelompokkan ke dalam 3 anggota tim
•Tiap orang diberi bagian materi yang sama atau berbeda.
•anggota tim lain yang telah mempelajari bagian yang sama menemui kelompok ahli (kelompok dengan materi sama) untuk mendiskusikan materi tersebut.
•Setelah selesai, sebagai tim ahli kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim tentang materi yang telah mereka kuasai, dan anggota lainnya mendengarkan.
•Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi/ debatnya.
•Guru memberi evaluasi hasil perdebatan
•Menyimpulkan konsep yang benar dari hasil perdebatan.
JIGSAW ..Aronson, Blaney, Stephen, Sikes,
Snapp, 1978
•Siswa dikelompokkan ke dalam 3 anggota tim
•Tiap orang diberi bagian materi yang sama atau berbeda.
•anggota tim lain yang telah mempelajari bagian yang sama menemui kelompok ahli (kelompok dengan materi sama) untuk mendiskusikan materi tersebut.
•Setelah selesai, sebagai tim ahli kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim tentang materi yang telah mereka kuasai, dan anggota lainnya mendengarkan.
•Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi/ debatnya.
•Guru memberi evaluasi hasil perdebatan
•Menyimpulkan konsep yang benar dari hasil perdebatan.
continued...(besambung...)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar